pengunjung

Anda pengunjung ke : Redcounter :
Counter Powered by  RedCounter
Assalamu ’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Salam Sejahtera.Selamat datang di blog, http://azay-ste.blogspot.com || Terima Kasih atas kunjungan anda di blog ini mudahan semua isi blog ini bermanfa'at buat kalian semua...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


1. Jelaskan ruang lingkup MSDM ? Dan berikan contohnya!
Jawab :
a. Perencanaan SDM merupakan proses menentukan akan tenaga kerja dan cara memenuhi kebutuhan tersebut untuk melaksanakan rencana terpadu organisasi. Tujuannya untuk memenuhi kualitas dan kuantitas karyawan yang akan mengisi semua jabatan dalam perusahaan.
b. Analisis Pekerjaan. Analisi pekerjaan ialah informasi tertulis mengenai pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan dalam suatu organisasi agar tujuan tercapai. MAnfaatnya memberikan informasi tentang aktivitas pekerjaan standar pekerjaan, persyaratan personalia dan alat – alat yang akan di gunakan.
c. Uraian Pekerjaan. Uraian pekerjaan adalah informasi tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan aspek-aspek pekerjaan dalam organisasi. Dalam hal ini yang menguraikan tentang identifikasi pekerjaan atau jabatan yakni memberikan nama jabatan seperti contohnya rector, dekan, dosen, dan lain-lain.


2. Sering kita mendengar “ Kinerja karyawan saya buruk atau SDM yang saya punya buruk.” Mengapa ini bisa terjadi ? Jelaskan dan berikan contohnya !
Jawab :
Kinerja karyawan buruk ataupun SDM yang dimiliki perusahaan buruk bisa disebabkan dari kenerja pemimpin perusahaannya juga. Mulai sari kesalahan penerimaan karyawan pada seleksi maupun kurangnya pengembangan karyawan tersebut. Kesalahan penerimaan karyawan pada proses seleksi bisa seperti kurangnya ketelitian tim pemeriksa dalam melaksanakan langkah-langkah seleksi sehinggga menimbulkan factor-faktor lainnya (seperti hubungan keluarga) yang membuat calon karyawan tersebut diterima padahal kemampuannya tidak sesuai yang diharapkan. Kesalahan lain yaitu dalam pengembangan karyawan . hal ini sering terjadi disetiap perusahaan karena pada dasarnya setiap karyawan ingin pekerjaannya dihargai dan ingin juga mempunyai posisi yang lebih dari sebelumnya. Jika tidak adanya tindakan pengembangan seperti penilaian prestasi kerja maka kinerja karyawan akan menurun sehingga akan sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan tersebut.
Contoh: seseorang yang bekerja disuatu perusahaan dan ia ingin menggantungkan kariernya disitu maka ia dengan keras akan berusaha untuk dapat mencapai hasil dan polisi yang lebih baik. Tetapi jika perusahaan kurang memperhatikan pengembangan karyawan maka para karyawan akan mengurangi kinerjanya diperusahaan tersebut karena mereka menganggap tidak ada gunanya mereka bekerja keras karena tidak adanya respon maupun timbal balik dari perusahaan. Sehingga itu akan menyebabkan SDM yang di miliki perusahaan tersebut terlihat buruk.

3. Mengapa orientasi harus dilakukan kepada calon karyawan yang akan menjalani penempatan ? Jelaskan dan berikan contohnya!
Jawab :
Orientasi atau perkenalan bagi setiap karyawan baru tau calon karyawan harus dilaksanakan untuk menyatakan bahwa mereka betul-betul diterima dengan tangan terbuka menjadi karyawan yang akan bekerja sama dengan karyawan lain pada perusahaan itu. Dengan orientasi dapat diatasi keragu-raguan, kecanggungan, dan timbul rasa percaya diri calon karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam orientasi adalah seperti sejarah perusahaan, bidang usaha perusahaan, struktur organisasi perusahaan, kesejahteraan karyawan, peraturan-peraturan dalam perusahaan, hak dan kewajiban karyawan, dll.
Contoh: kerika seseorang dinyatakan lulus dari seleksi kerja sangat perlu diadakan orientasi dalam rangka menyatakan bahwa orang tersebut diterima dengan tangan terbuka dalam perusahaan. Hal itu akan membuat karyawan percaya diri dalam melakukan pekerjaannya serta dapat mengerjakan pekerjaannya dengan sebaik mungkin sesuai jabatan yang ia terima.
4. Menurut pendapat anda mengapa harus belajar MSDM di era yang sudah maju dan IT yang sudah sedemikian berkembang ? Jelaskan dan berikan contohnya !
Jawab :
MSDM adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. SDM merupakan factor sentral dalam suatu organisasi dimana manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi karena manusia menjadi perencanaan, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggih dan IT sudah sedemikian berkembang. Alat-alat canggih dan IT yang berkembang pesat tidak aka nada manfaatnya bagi perusahaan, jika peran aktif karyawan tidak diikutsertakan.
Contohnya : MSDM merupakan sesuatu yang mempelajari hubungan dan perencanaan manusia dalam organisasi atau perusahaan. Jadi seseorang dalam organisasi tersebut maka ia harus dapat berperan sebagai manusia yang aktif dan domain agar dapat mewujudkan tujuan organisasi tersebut. Begitu pula dengan Ilmu Teknologi ( IT ) yang ada di organisasi sebagai karyawan yang baik maka kita harus dapat memanfaatkan IT tersebut bukan dimanfaatkan oleh kecanggihan karena kita manusia merupakan perencanaan, pelaku dan penetu terwujudnya organisasi.



Artikel yang berhubungan :



0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Koment anda sebagai NAMA/URL, Masukka nama Anda dan URL anda, URL bisa diisi sembarangan.
contoh URL : BLOG INI, Friendster, Blog kamu, DLL


KIRIM SEKARANG KOMENTAR ANDA DI SINI

 
Resolution: 1024x768px | Best View:

Powered By Blogger | Portal Design By azay kun || Spooky the evil © 2009