pengunjung

Anda pengunjung ke : Redcounter :
Counter Powered by  RedCounter
Assalamu ’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Salam Sejahtera.Selamat datang di blog, http://azay-ste.blogspot.com || Terima Kasih atas kunjungan anda di blog ini mudahan semua isi blog ini bermanfa'at buat kalian semua...

Tidur dan Mimpi



Seseorang pasti pernah merasakan tidur dan mimpi. Akan tetapi tidur dan mimpi ini tidak selamanya terjadi bersama-sama. Kadang seseorang tidur dan bermimpi tetapi ada kalanya seseorang hanya tidur dan tidak bermimpi. Kita berpikir pada waktu tidur seperti yang terjadi pada saat mimpi, walaupun berpikir dalam mimpi berbeda dalam banyak hal di bandingkan dengan berpikir dengan keadaan sadar. Sebenarnya apa sich tidur dan mimpi itu ??????………

Tidur

Tidur merupakan keadaan istirahat dimana seluruh fungsi indra kecuali fungsi dalam tubuh. Apakah tidur termasuk kesadaran atau ketidaksadaran…..???Kesadaran merupakan keadaan dimana presepsi, pikiran, persaan dan ingatan seseorang aktif. Pada saat tidur, manusia tetap berpikir seperti halnya pada saat bermimpi.Ingatan seseorang juga tetap bekerja ketika tidur seperti terlihat pada fakta pada saat tidur seseorang tetap peka terhadap lingkungannya. Misalnya orang tua yang sedang terlelap tidur tiba-tiba terbangun karena mendengar suaai tangis bayinya.

Mengapa manusia harus tidur…????Tidur sangat mempunyai peranan yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Ada salah satu teori yang di kemukakan oleh ilmuwan sebab-sebab manusia harus tidur yaitu teori restorasi. Teori ini berpandangan bahwa tidur di perlukan untuk mengisi ulang pikiran dan berbaikan tubuh yang dihabiskan selama keadaan seseorang aktif dalam kehidupan keseharian.Teori ini dapat di ibaratkan sebagai motor yaitu apabila motor di pakai secara terus-menerus namun tidak di perbaiki ke bengkel secara teratur, maka motor secara bertahap akan mengalami kerusakan yang makin lama makin parah.Oleh karena itu setelah pemakaian setelah sampai kilometer tertentu, motor harus direparasi, ganti pelumas, dan mungkin di ganti komponen-komponen yang rusak. Demikian juga dengan otak dan tubuh kita di perlukan suatu perbaikan atau restorasi otak dan kerja organ tubuh lainnya agar bisa terus berfungsi optimal.

Berdasarkan teori restorasi ada 6 hal yang merupakan sebab manusia harus tidur :

1. Perbaikan sel otak.

Dengan tidur otak berkesempatan untuk istirahat danmemperbaiki sel-sel otak yang rusak. Tidur juga berperan menyegarkan kembali koneksi penting antar sel-sel otak yang kurang digunakan.

2. Penyusunan ulang memori

Tidur memberikan kesempatan kepada otak untuk menyusun kembali data-data atau memori agar bisa menemukan solusi terhadap sebuah masalah.

3. Penghematan energi

Tidur menghasilkan rata-rata metabolisme tubuh dan konsumsi energi yang rendah. Oleh karena itu apabila seseorang kurang cukup makan atau asupan energi yang sedikit, maka dengan tidur dapat menjadi alternatif karena tidak mengeluarkan energi yang banyak.

4. Sisitem kardiovaskular atau peredaran darah beristirahat selama tidur

5. Perbaikan enzim dan otot-otot tubuh

Selama tidur sel-sel otot tubuh yang rusak atau tua digantikan oleh sel-sel baru. Proses penyembuhan cedera lebih cepat dalam keadaan tidur.

6. Produksi hormon

Banyak hormon yang di produksi ketika tidur .

Berapakah banyak waktu yang diperlukan untuk tidur….???? Banyaknya waktu tidur yang diperlukan tergantung beberapa faktor yaitu misalnay tergantung usia, kesehatan, daya tahan fisik, dan aktivitas mental. Secara umum bayi yang baru lahir memerlukan tidur sekitar 16 jam per hari, dan setelah 6 bulan kalahirannya menjadi berkurang 3 jam. Remaja memerlukan waktu untuk tidur sekitar 9 jam per hari sedangkan kebanyakan orang dewasa memerlukan tidur rata-rata 7-8 jam per hari.

Sebagian orang mudah terbangun dan ada pula yang sulit untuk di bangunkan. Penelitian yang di mulai pada tahun 30an ( Lookmis, Harvey, daan Hobart 1937 )telah menghasilkan teknik yang peka untuk mengukur kepulasan tidur seseorang dan untuk mengukur bilamana mimpi terjadi. Penelitian ini menggunakan alat yang mengukur perubahan elektris pada kulit kepala yang di hubungkan dengan aktivitas otak yang spontan selama tidur, serta gerakan mata yang cenderung terjadi selama bermimpi.

Seseorang terkadang ada yang merasakan sukar tidur. Faktor apakah yang menyebabakan seseorang sukar tidur ….???? Kebanyakan orang dapat meguasai diri dengan baik untuk menentukan apakah dia akan tidur atau tidak. Namun sebagian orang mempunyai penguasaan diri lebih dari pada yang lain. Seseorang mengalami gangguan tidur dapat di sebabkan masalah psikologis/kejiwaan baik serius maupun ringan dan pola perilaku yang dapat menggangu tidur.

Ada dua gangguan tidur yang relatif jarang terdapat tetapi cukup berat yaitu narcolepsy dan apnea. Kedua gangguan ini terjadi atau di tandai dengan tidak adanya penguasan diri pada saat permulaan tidur . Seorang penderita narcolepsy dapat tertidur ketika sedang menulis, mengendarai mobil atau bercakap-cakap sedangkan gangguan tidur apnea yaitu seseorang akan berhenti bernafas ketika tidur ( mungkin karena batang tenggorokan tersumbat/karena pusat otak yang mengatur pernafasan tidak berfungsi dengan baik.

Mimpi

Seseorang pasti sudah pernah merasakan mimpi dan bahkan mungkin sering. Apakah mimpi itu….????Mimpi merupakan perubahan kesadaran dimana bayangan yang di ingat dan fantasi sementara tercampur dengan kenyataan luar atau ungkapan-ungkapan dari keinginan-keinginan yang tidak terpenuhi dan hasrat-hasrat yang gagal. Mimpi tidak berasal dari dari dunia lain dan mimpi itu juga bukanlah pesan dari suatu sumber di luar diri seseorang. Mimpi ada hubungannya denagn emosi-emosi, ketakutan-ketakutan, kerinduan-kerinduan, kebutuhan-kebutuhan dan kenangan-kenangan seseorang. Tetapi semua itu dapat mempengaruhi apa yang seseorang impikan.Isi mimpi seseorang dapat berasal dari sesuatu yang mempengaruhi seseorang ketika tidur.

Apakah setiap orang bermimpi dalam tidurnya…….?????

Banyak orang yang tidak dapat mengingat lagi mimipinya di pagi harinya, itu menandakan bahwa seseorang dalam terbangun dari tidurnya terjadi pengalihan perhatian sehingga ingatan mimpi itu tidak dapat dikonsolidasiakan. Orang yang bermimpi yang jelas menyadari mimpi dan dengan caranya yang khas melaporkan percobaan yang di lakukannya di dalam mimpinya untuk membuktikan bahwa peristiwa itu tidak lah sama denagn realita kehidupan biasa karena di dalam mimpi biasanya seseorang bermimipi hal yang mustahil atau tidak mungkin terjadi dalam kehidpan sehari-hari.Misalnya ketika jam weker berbunyi dan seseorang terbangun dengan ingatan yang bercampur baur tentang kebakaran yang terjadi dan kedatangan mobil pemadam kebakaran dengan raungan sirinenya. Karena jam masih tetap berbunyi seseorang tersebut mengira bahwa suara sirine tersebut ada.

Sebenarnya mimpi itu merupakan pengaruh-pengaruh yang ada di diri seseorang maupun di sekitar seseorang tersebut

Sumber : T K P



Artikel yang berhubungan :



0 komentar:

Posting Komentar

Kirim Koment anda sebagai NAMA/URL, Masukka nama Anda dan URL anda, URL bisa diisi sembarangan.
contoh URL : BLOG INI, Friendster, Blog kamu, DLL


KIRIM SEKARANG KOMENTAR ANDA DI SINI

 
Resolution: 1024x768px | Best View:

Powered By Blogger | Portal Design By azay kun || Spooky the evil © 2009